Jumat, 06 Maret 2015

Langkah Memulai Bisnis Web Developer

PELUANG BISNIS WEB DEVELOPER

Bisnis Web Developer memanfatkan ilmu komunikasi dan informasi
ilustrasi : sumber www.artmedia.id

Arif Widiyanto
14.02.8840
D3 Manajemen Informatika



ABSTRAK

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, bahkan bisa dibilang bahwa perkembangannya begitu pesat. Hampir segala bidang di sekitar kita tak lepas dari teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi tidak hanya pada sisi hardware (perangkat keras), namun juga mencakup software (perangkat lunak). 

Dengan memanfaatkan akal yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, manusia berhasil menciptakan teknologi-teknologi baru untuk membantu mengatasi beberapa permasalahan yang biasa mereka temui. Seperti yang kita lihat saat ini, kita telah dipermudah dalam beberapa hal seperti pemesanan barang-barang secara online, sistem keamanan yang canggih berbasis teknologi informasi dan komunikasi, transaksi bisnis secara online, akses informasi melalui website yang sangat praktis dan masih banyak lagi yang lainnya. Hampir setiap perusahaan meiliki website, terutama perusahaan-perusahaan yang besar. Namun tidak semua orang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, terbukalah peluang untuk membuat bisnis Web Developer atau Jasa Pengembang Web. Dengan bekal ilmu yang dari diperoleh dari STMIK Amikom Yogyakarta maka membuka usaha Web Developer sangatlah cocok dan prospektif. Membangun suatu bisnis Web Developer harus dipersiapkan dengan matang sehingga bisnis dapat berjalan secara optimal. Perlu kerjasama yang baik antar lini di dalam usaha maupun dalam menjalin mitra usaha di luar.



ISI

Langkah-Langkah Untuk Memulai Bisnis Web Developer

1. Persiapankan sumber daya manusia yang mumpuni. 

Dalam menjalankan bisnis apapun tentu saja sember daya manusia yang digunakan haruslah handal di bidangnya. Selain handal dalam skill coding (web programmer) dan desain web (web designer), tenaga ahli juga harus memiliki komitmen dan relasi yang bagus. Dalam menjalankan usaha web developer tidak membutuhkan begitu banyak orang. Bila banyak pekerjaan yang mendesak dan kekurangan orang bisa kita meminta tolong jasa freelance misalnya dari mahasiswa.

2. Peralatan dan software yang memadai

Untuk menjalankan bisnis web developer diperlukan peralatan yang memadai. Minimal laptop dengan spesifikasi sedang ataupun komputer desktop, software pemrograman maupun desain web, serta koneksi internet

3. Tentukan target pemasaran

Sebenarnya target pemasaran bisnis web developer sangatlah luas. Segmen pasar bisnis ini dapat berupa web personal, usaha kecil (UKM), sampai perusahaan-perusahan besar. Website biasanya dipakai oleh suatu UKM sebagai sarana promosi barang maupun jasa yang mereka miliki. Target lain yang dapat menjadi sasaran yaitu instansi pemerintahan, LSM, maupun sekolah.

4. Jenis jasa yang ditawarkan

Jasa yang komplit tentu saja akan menjadikan nilai tambah dan mendatangkan lebih banyak konsumen. Meskipun usaha yang dijalankan adalah Web Developer namun kita bisa menawarkan jasa yang lain seperti desain banner, poster, pembuatan online shop bahkan desain kaos.bisa juga kita menambahkan pelayanan ekstra seperti hosting, jasa perbaikan maupun perawatan website. Perawatan website perlu dilakukan secara periodik karena terkadang pemilik website tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul di website mereka sehingga mereka akhirnya minta tolong kepada kita. Layanan lain yang dpat kita tawarkan bisa juga seperti pengembangan jaringan, konsultasi seputar teknologi informasi, maupun layanan SEO (Search Engine Optimization)agar website mudah dicari melalui mesin pencari seperti Google atau Bing.

5. Tarif

Tarif jasa web developer tentu saja tergantung dari tingkat kerumitan pembuatan. Semakin rumit dan bagus hasilnya maka harga yang dipatok tentu saja lebih mahal. Namun selain hasil dari pembuatan web, yang dapat kita jual adalah pelayanan yang istimewa. Dengan pelayanan yang baik maka pelanggan akan merasa sangat puas dan tidak keberatan untuk membayar dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran. Strategi pemasaran juga mempengaruhi jumlah pelanggan. Sosial media dapat digunakan sebagai sarana promosi selain menggunakan website milik sendiri. Selain itu website usaha ini juga harus dioptimisasi agar mudah ditemukan di google ataupun mesin pencari lainnya. Meskipun pekerjaan membuat web dapat dilakukan dimana saja asalkan ada alatnya, namun tetap harus mencantumkan kontak person dan alamat kantor yang lengkap di website maupun saat promosi melalui sosial media.



DAFTAR PUSTAKA

http://www.websiteflashmedia.com/2012/10/tips-membangun-usaha-web-developer.html#.VPm4w9KsW-8

http://www.derealsoft.com/

www.artmedia.id

0 comments:

Posting Komentar