Jumat, 06 Maret 2015

Bisnis Mebel Secara Online

Mebel Kayu
Mebel Kayu : Google Images

ABSTRAK


Pada era saat ini internet tak terpisahkan dari segala aktifitas manusia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua tidak terlepas dari hal tersebut. Dengan bermodalkan gadget seharga Rp 500.000,- an, mereka dapat mengakses apapun yang mereka inginkan di internet. Segala informasi, berita, hiburan dapat mereka dapatkan dengan mudah. Selain itu munculnya tren penggunaan sosial media juga menjadi suatu peluang bagi para pelaku bisnis. Hampir setiap orang memiliki akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi maka pelaku bisa menjangkau masyarakat luas terutama yang menginginkan kemudahan-kemudahan dalam bertransaksi. Pelanggan dapat bertransaksi tanpa perlu bertemu langsung dengan penjual dan mereka dapat memilih produk hanya dengan melihat foto-fot produk yang telah ada di internet. Tentu saja ini akan menghemat biaya karena calon pembeli tidak perlu mondar mandir ke tempat penjualan. Transaksi dapat dilakukan saat itu juga dimana calon pembeli memiliki koneksi internet dan pembayaran dapat dilakukan dengan ATM maupun Paypal. Teknik penjualan secara online menggunakan toko online ini disebut dengan E-Commerce. Ilmu E-Commerce ini sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis untuk memperluas pasarnya karena pembeli tidak hanya berasal dari regional sekitarnya saja namun dapat juga berbeda pulau bahkan berbeda negara. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menjalankan bisnis E-Commerce, maka dibutuhkan suatu strategi periklanan yang tepat. Prof. M. Suyanto (ketua STMIK Amikom Yogyakarta) dalam bukunya “Strategi Periklanan E-Commerce Perusahaan Top Dunia” mengatakan bahwa 5 tahap yang dikenal dengan 5 M yang terdiri dari penetapan tujuan (Mission), keputusan anggaran (Money), keputusan pesan (Message), penetapan media (Media), dan evaluasi mengenai kampanye (Measurement).


ISI

1. Penentuan Jenis Produk
Sebelum membuat toko online, yang harus dilakukan adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Dalam hal ini saya memilih produk mebel kayu. Mebel kayu yang akan dijual bisa buatan produsen mebel di sekitar maupun menjadi reseller produk yang sudah terkenal dan beredar di pasaran dengan cara menjalin kerjasama. 

2. Menjalin Kerjasama Dengan Produsen Mebel
Produk yang akan dijual telah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah mencari produsen mebel yang hasil produksinya akan jual. Dalam menjalin kerjasama ini harus membuat kesepakatan-kesepakatan secara hitam di atas putih secara sah agar suatu saat tidak terjadi suatu yang merugikan pihak-pihak yang bekerja sama.

3. Mengelompokkan Produk
Bilamana kerjasama telah terjalin, maka selanjutya adalah mengelompokan mebel yang akan dijual. Pengelompokan jenis mebel ini akan mempermudah para pelanggan untuk memilih mebel yang mereka inginkan. Selain itu setiap hal yang terkait dengan mebel tersebut  harus dicatat mulai dari bahan yang digunakan, teknik pengerjaan, ukuran, dan harus mengambil foto mebel tersebut dari beberapa sudut pandang untuk memudahkan calon pembeli. 

4. Penentuan Domain dan Hosting Toko Online
Menentukan domain dan hosting yang akan digunakan untuk menjual produk bukan hal sepele. Nama toko online haruslah mudah diingat dan tepat. Pemilihan nama yang tepat akan menjadikan web toko online menjadi popular dan pengunjung akan semakin bertambah. Setelah  menentukan nama toko, selanjutnya yang diperlukan adalah tempat web toko online tersebut yaitu yang disebut hosting. Hosting yang akan digunakan haruslah yang berkualitas, jika tidak maka akan menimbilkan kita sebagai penjual maupun para calon pembeli. Server hosting yang kurang berkualitas dapat mengakibatkan akses ke tokok online menjadi terganggu bila pengunjung sangat banyak atau mengalami gangguan yang biasa disebut down. Untuk menentukan penyedia hosting yang berkualitas bisa dengan mencari referensi di forum-forum yang membahas tentang hal tersebut.

5. Membangun Web Toko Mebel Online
Membangun web tokok mebel online dapat dilakukan dengan menggunakan CMS (Content Management System) yang akan memeberikan kemudahan dalam pembangunan maupun pengembangan web toko online. Terdapat beberapa jenis CMS baik berbayar maupun gratis yang memiliki keunggulan berbeda dan fitur-fiturnya juga berbeda meskipun sama secara umum untuk memudahkan pengguna yang belum ahli menggunakan bahasa PHP.
Berikut ini beberapa pilihan CMS untuk membangun toko online :
Open Cart
CMS ini digunakan oleh banyak pihak dan bahkan sudah memiliki komunitas di Indonesia bahkan di seluruh dunia. CMS Open cart bisa didapatkan secara gratis, mungkin itu yang menjadikan CMS ini banyak digunakan. Yak, karena gratis tapi memiliki nbanyak fitur.
Presta Shop
Presta Shop merupakan CMS untuk toko online yang memiliki pengguna yang meningkat cukup cepat. Memilik komunitas sendiri sehingga apabila kita mengalami gangguan saat menggunakannya kita dapat langsung bertanya di omunitas presta shop dan menemukan jawabannya disana.
Magento Commerce
Magento merupakan CMS yang dibuat khusu untuk toko online dan dipakai oleh salah satu toko online terbesar di Indonesia yaitu bhinneka.com. Magento memiliki banyak sekali fitur untuk keperluan toko online namun untuk menikmati semua fitur yang tersedia secara komplit kita harus membayar.
Seo Toaster V2 E-Commerce
Sesuai dengan namanya, Seo Toaster mengedepankan sisi SEO (Search Engine Optimization) dari mesinnya. CMS ini mengadopsi sitem B2B (Business to Businnes), yaitu transaksi secara elektronik antara obyek bisnis yang satu ke obyek bisnins lainnya atau disebut juga transaksi antar perusahaan. 

Selain penyedia CMS toko online di atas, masih banyak lagi CMS yang lain yang dapat digunakan untuk membuat web Toko Online.


DAFTAR PUSTAKA

http://research.amikom.ac.id/index.php/STI/article/viewFile/9289/7625

http://pakartokoonline.com/cara-mudah-dan-murah-membangun-toko-online/

M. Suyanto, "Stategi Periklanan Pada E-commerce Perusahaan Top", Andi, Yogyakarta

http://desainweb.ilmuwebsite.com/2014/08/7-cms-populer-yang-cocok-untukmembuat.html

http://semesterempat.blogdetik.com/bentuk-b2b-dan-b2c-pada-perusahaan-google/

https://www.google.com/search?q=mebel+kayu

Categories:

1 komentar: