Kamis, 12 Maret 2015

Mengenal HTML dan Unsur Penyusunnya

mengenal htmlm dan unsur pembuat halaman web

HTML. Apakah itu?

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan suatu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan di halaman web. Beberapa orang, sering mengganggap bahwa HTML merupakan bahasa pemrograman, padahal HTML bukanlah suatu bahasa pemrograman melainkan bahasa markup (penandaan), terhadap dokumen teks. HTML biasa menggunakan simbil markup berupa tanda kurang dari “<” dan lebih dari “>” yang biasanya disebut sebagai tag HTML. 


Mengenai penamaan dokumen html, karena merupakan file teks maka html dapat dibuat menggunakan teks editor seperti Notepad. Bisa juga dengan menggunakan html editor yang bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get), semisal Dreamweaver atau Frontpage. File html bisa diketahui dari ekstensinya, yaitu .htm atau .html. pemberian nama bersifat case sensitive, yaitu memeperhatikan huruf besar atau kecil. File A.html dianggap berbeda dengan file a.html. jadi kita harus teliti.

Komponen terkecil untuk penyusun suatu dokumen HTML disebut sebagai Elemen HTML yang ditandai dengan suau yang disebut tag. Pembahasan mengenai elemen dan tag HTML ada di artikel selanjutnya.

Sumber : Modul Praktikum HTML & CSS, STMIK Amikom Yogyakarta a.k.a Kampus kebanggaan ane :v
Categories: , ,

0 comments:

Posting Komentar