Rabu, 11 Maret 2015

Kategori Website Berdasarkan Bentuk dan Teknologi Pemrogramannya

kategori website statis dinamis client-side server-side

Kali ini kita akan membahas tentang kategori website. Yak, Website dapat dijadikan menjadi beberapa kategori. Yang pertama yaitu website statis, yaitu merupakan website yang berisi informasi informasi yang bersifat tetap atau statis.

Contoh website statis yaitu banyak banget, cek google.com aja ya hehe. Web statis kurang menarik karena pengunjung tidak dapat berinteraksi disana. Informasi yang tersedia diupdate secara manual lewat teks editor seperti Notepad dan sebagainya. Selanjutnya yaitu website dinamis dan interaktif, yaitu merupakan website yang informasi di dalamnya bersifat
dinamis atau dapat berubah-ubah bahkan dapat berinteraksi dengan user. Website dinamis biasanya terhubung dengan suatu database sehingga informasi yang ditampilkan sesuai dengan data yang disimpan dalam database. Website yang dinamis dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus. Website yang dinamais lebih digemari oleh penjelajah internet karena tampilan yang lebih menarik. Contoh website dinamis antara lain blog, sosial media sperti facebook, twitter dan lain sebagainya.

Teknologi Pemrograman Website

Selanjutnya website dibedakan menjadi 2 lagi berdasarkan teknologi pemrograman yang digunakan. Client-Side Programming dan Server-Side Programming.
Client-Side Programming yaitu teknik pemrograman web dimana perintah program dijalankan di web browser sehingga ketika client meminta dokumen yang mengandung script, maka script tersebut akan didownload dari server kemudian dieksekusi di web browser yang bersangkutan. Pemrograman web yang tergolong client-side programming misalnya : JavaScript, VBscript, HTML.
Berikutnya yaitu Server-Side Programming yaitu teknik pemrograman web dimana perintah-perintah program (script) terlebih dahulu dieksekusi di web server kemudian hasilnya dikirim ke web browser dalam bentuk HTML biasa. Pemrograman web yang tergolong server-side programming antara lain : CGI/Perl, ASP, JSP, PHP, ColdFussion dan sebagainya.
Categories: ,

4 komentar: